4 Tips Merawat Ransel Kanken mu

4 Tips Merawat Ransel Kanken mu – Jika kamu memiliki tas ransel dari Fjallraven Kanken, kamu salah satu orang yang beruntung. Tas ransel seri Kanken memang dibuat dengan mengutamakan kenyamanan para penggunanya. Dibuat dari bahan spesial bernama Vinylon-F. Kain unik yang akan mengembang ketika terkena air, sehingga kain menjadi semakin rapat dan menjadi lapisan pelindung air alami.

Banyak pengguna Kanken yang mengatakan bahwa mereka tidak membutuhkan bag cover tambahan ketika hujan turun. Tapi hal unik ini tidak bisa menjadi alasan buatmu untuk tidak memperhatikan perawatan tas ransel.
Memang, produk dari Fjallraven terkenal sebagai produk yang tahan lama. Tidak jarang ada tas atau jaket yang turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tapi tahukah kamu, ada empat tips untuk menjaga agar tasmu tetap awet.

1. Cuci rendam dengan air hangat dan sabun

Tas ransel yang satu ini memang anti air dan anti debu. Tapi bukan berarti tidak bisa kotor sama sekali. Jika tas ranselmu terkena noda, kamu bisa menghilangkan noda tersebut dengan air sabun dan lap bersih. Tapi jika nodanya cukup besar, maka tak ada jalan lain selain mencucinya sebelum nodanya membekas.

Cara mencucinya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan air hangat dan sabun deterjen lembut. Rendam selama beberapa jam sebelum menggosok di bagian yang terkena noda. Memang sedikit merepotkan, tapi ini jauh lebih gampang dan murah daripaka mencucinya di laundry.

Oh ya, sebaiknya tas ini tidak kamu cuci di dalam mesin cuci bersama dengan pakaianmu yang lain. Hal ini karena Fjallraven menggunakan pewarna khusus bagi tas mereka. Nah, pewarna ini bisa luntur jika tidak hati-hati. Untuk melindungi pakaianmu yang lain, pisahkan tasmu dengan pakaian ketika akan dicuci. Kamu tentu tidak mau kan jika tas atau pakaianmu berubah warna.

Baca Juga:   Cukup Pilih Kanken Untuk Tampilan Trendi yang Berkelas

Kamu tidak perlu menggunakan pelembut pakaian saat mencuci. Dan sebelum dijemur, peras tas dengan cara di remas-remas sedikit dan bukannya dipelintir. Waktu menjemur juga sebaiknya dibalik dan digantungkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Ini semua selain untuk menjaga bentuk tas, juga menjaga warna asli dari tas tersebut.

2. Jangan tarik paksa ristletingmu

Salah satu masalah utama dengan restleting adalah restleting macet. Entah ada kain yang masuk ke dalam jalur atau gerigi ristleting. Atau gerigi menjadi terlalu lebar atau sempit karena terbentur. Biasanya, orang-orang akan menarik paksa ristletingnya atau menggoyang-goyangkan pengait dan berharap akan lepas.

Well, kamu tidak bisa melakukan itu pada tas Kanken. Jika menarik paksa gigi ristleting, tasmu akan menjadi rusak atau bahkan sobek. Lalu apa yang harus dilakukan? Kamu bisa mengambil lilin atau lip balm untuk dioleskan di gigi ristleting. Ristleting akan menjadi cukup licin sehingga kamu bisa menarik pengait dan melepas kain yang terjepit itu. Kamu tentu saja bisa banyak berhemat dari tips kecil ini.

3. Jika ada lubang, harus segera dijahit

Apa yang terjadi jika tas Kanken-mu berlubang? Segera jahit saja sebisanya. Bahkan jika lubang tersebut hanya sebesar pensil atau ballpoint. Hal ini karena lubang itu bisa membesar dalam waktu singkat. Dan itu akan membuat proses perbaikan menjadi lebih sulit.

Lalu bagaimana jika tasmu sobek? Sama saja, jika sobekan tersebut cukup kecil, segera jahit sebelum melebar. Tapi jika sobek di tempat yang kamu tidak bisa perbaiki, seperti di dekat ristleting. Maka kamu bisa membawanya ke tempat reparasi resmi untuk diperbaiki.

Karena itu kamu harus sering-sering memeriksa tasmu. Karena lubang sekecil apapun bisa menjadi besar. Pastikan pula untuk semua hal yang mungkin menimbulkan lubang seperti ujung pensil atau gunting telah terlindungi ketika akan dimasukkan ke dalam tas. Kamu juga sebaiknya tidak mengisi tasmu dengan terlalu banyak barang. Hal ini bisa menarik jahitan ke salah satu sisi dan menyebabkan koyakan.

Baca Juga:   Traveling Makin Seru dengan Tas Kanken

4. Manfaatkan Garansi reparasi 1 tahun

Banyak orang tidak sadar bahwa Fjallraven memberikan garansi 1 tahun bagi semua produk mereka. Jika tasmu asli dari Fjallraven, maka kamu berhak untuk mendapatkan layanan purna jual seumur hidup dari mereka.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika tas Kanken milikmu rusak atau khawatir tidak bisa diperbaiki. Kamu bisa segera membawa tas-mu ke tempat reparasi resmi untuk diperiksa. Pastikan tempat reparasi tersebut resmi atau garansimu tidak berlaku.

Nah, itu tadi empat tips untuk merawat tas ransel Fjallraven Kanken milikmu. Perhatikan betul-betul ya. Jika tas ransel Kanken adalah salah satu tas andalan untuk semua kegiatanmu, kamu pasti mau tas ransel ini bertahan lebih lama. Walaupun tas dari Fjallraven terkenal bisa bertahan bertahun-tahun, tapi dengan perawatan yang tepat, tasmu bisa bertahan lebih lama lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Main Menu