Tips Merawat Tas Ransel untuk Hiking Agar Selalu Awet

Tips Merawat Tas Ransel untuk Hiking Agar Selalu Awet – Barang apapun yang Anda miliki tentu harus dirawat dengan baik. Supaya bisa digunakan dalam waktu lama dan selalu berfungsi dengan baik. Misalnya barang yang berupa tas ransel yang biasa digunakan untuk hiking misalnya. Atau yang sering disebut dengan jenis tas carrier, yang sering digunakan untuk bertravelling. Seperti jenis tas ransel dari produk Fjallraven yang memiliki bentuk dan desain yang sangat bervariasi.

Tas carrier yang Anda gunakan harus awet dan tahan lama, karena biasa dipakai untuk perjalanan jauh. Jenis tas tersebut memang dirancang secara khusus untuk menampung barang dalam jumlah yang banyak, dan perlengkapan yang berat dan besar. Maka pastikan cara perawatan pada tas tersebut sudah dilakukan dengan benar.

Tips Merawat Tas Ransel Hiking Supaya Awet dan Tahan Lama

Tas berukuran besar ini harus dirawat sedemikian rupa agar tidak mudah rusak. Berikut ini cara merawat tas ransel untuk hiking yang ukurannya besar agar lebih awet:

1. Langsung Bongkar Setelah Digunakan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam merawat tas ransel untuk hiking adalah dengan membongkar semua barang bawaan, setelah Anda menggunakannya. Jangan menunda kegiatan membongkar tas ini. Dengan menyimpan barang-barang di sana selama berhari-hari.

Keluarkan semua barang bawaan, lalu periksa seluruh kantong yang ada di dalamnya. Pastikan tidak ada benda apapun yang tertinggal atau terselip di sana. Misalnya bebatuan yang terselip di sana, yang bisa menimbulkan jamur di dalam tas. Jika sudah kotor, cuci bagian dalamnya dengan sikat halus. Atau diangin-anginkan saja jika tidak terlalu kotor.

2. Menyikat Tas dengan Perlahan

Baca Juga:   Ini Dia 5 Tips Perawatan Produk Kanken yang Wajib Anda Tahu

Apabila Anda sudah memastikan tak ada barang apapun di dalam tas, maka mulailah mencuci tas tersebut. Caranya yaitu dengan membersihkan bagian badan dan punggung tas terlebih dulu, siapkan air dalam ember, lalu gunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan noda yang menempel di tas.

Bisa juga dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi air untuk membersihkannya. Jangan menyikat tas terlalu keras, karena tas akan mudah rusak. Serat kainnya juga bisa mudah melar jika cara menyikatnya terlalu kencang.

3. Jangan Menggunakan Deterjen

Untuk membersihkan tas ransel tersebut, jangan menggunakan deterjen untuk cuci pakaian. Tapi gunakan saja sabun mandi/sampo karena bahannya lebih lembut untuk jenis tas carrier tersebut. Jangan mencuci tas di dalam mesin cuci, karena hal itu juga bisa merusak beberapa bagian dari tas tersebut.

4. Jemur di Tempat yang Tidak Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Jika menjemur tas di bawah matahari secara langsung maka tas akan mudah berubah warna, atau warnanya memudar. Cara mengeringkannya adalah dengan diangin-anginkan saja. Pilih tempat yang sejuk untuk menjemur tas tersebut. Jika sudah kering, jangan menyimpannya di tempat yang lembab. Karena bisa menimbulkan jamur pada tas. Bisa juga dengan memasukkan kapur barus pada tas sebelum disimpan, agar tas menjadi lebih awet.

5. Menyimpan Tas di dalam Plastik

Sebelum menyimpannya di tempat yang sejuk dan juga kering, sebaiknya bungkus tas ransel tersebut dengan menggunakan plastik. Anda bisa menggunakan tas plastik yang sudah ada sejak Anda membelinya. Tujuan dari membungkus tas tersebut dengan plastik adalah, agar tidak mudah kotor dan terkena debu.

Itulah beberapa cara merawat tas jenis ransel yang biasa digunakan untuk hiking atau travelling. Gunakan tas yang kualitas bahannya unggulan seperti tas dengan merk Fjallraven.

Baca Juga:   6 Cara Merawat Tas Fjallraven dengan Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Main Menu